Thursday, March 13, 2014

Wisata Murah ke Yogya - Kenapa Ngak...

Yogyakarta atau Yogya dikenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang populer di Indonesia. Sedemikian populernya kota ini sebagai kota tujuan wisata membuat harga barang serta fasilitas wisata ikut melambung, padahal dahulu Yogya dikenal sebagai tempat wisata murah.

Wisata Murah ke Yogya??? Coba beberapa tips dibawah:

Gunakan kereta api
Jika berangkat dari Jakarta ada beberapa pilihan kereta ekonomi menuju Yogya dengan harga murah. Dengan menggunakan kereta ekonomi Progo harga tiket hanya Rp 35.000,- Anda sudah bisa sampai stasiun Tugu Yogya.
Jika berangkat dari Bandung bisa menggunakan kereta Kahuripan seharga Rp 24.000. Mengapa kereta ekonomi? Selain murah, jika berangkat dari arah Jakarta atau Bandung perjalanan menggunakan kereta ekonomi juga cukup menghemat waktu karena akan terhindar dari macet.

Penginapan Murah
Di Yogya masih banyak penginapan yang murah, salah satunya di Sosrowijayan. Tempat ini merupakan surganya para backpacker. Lokasi Sosrowijayan merupakan sebuah jalan kecil di daerah Malioboro atau sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu. Selain tempatnya strategis, banyak pilihan berbagai hotel dengan tarif murah, mulai dari Rp 50.000/orang/malam.

Keliling kota dengan Transjogja
Selama berwisata di Yogyakarta, ada banyak pilihan transportasi untuk mengelilingi dan berkunjung ke tempat-tempat wisata. Salah satunya adalah dengan angkutan umum, di kota ini masih terdapat banyak bus dalam kota dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah bus TransJogja dengan harga tiket Rp 3.000,- untuk single trip. Rute bus ini pun melewati beberapa tempat wisata di Yogyakarta.

Makanan
Urusan perut jangan sampai terlewatkan. Dengan uang seratus ribu saja, Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner murah untuk beberapa hari di Yogya. Anda bisa menikmati gudeg basah, sajian kuliner khas kota ini, untuk sarapan seharga Rp 7.000 per porsi lengkap dengan ayam suwir. Anda bisa menemukan penjual gudeg basah, pecel sayur, bubur ayam, soto dan lain sebagainya saat pagi hari di pinggir Jalan Malioboro. (catatan: sebaiknya bertanya dahulu harga makanan yang akan disantap sebelum memesan, karena ada banyak keluhan mengenai harga yang dinaikkan dengan tidak wajar oleh penjual).

Untuk makan siang, masih banyak rumah makan yang menjual nasi sayur lengkap dengan lauk-pauk dan minuman seharga Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per porsi. Pilihan makanan murah akan lebih banyak tersedia di malam hari.

Selama di Yogya jangan lupa untuk mencoba warung khas yang dikenal dengan nama angkringan.

Berbelanja
Untuk berbelanja, Anda bisa berbelanja di Pasar Beringharjo, surga belanja khas Yogya. Tetapi Anda harus rela blusukan ke bagian dalam pasar untuk mendapatkan harga miring, mulai dari baju batik, tas, hingga kain-kain motif batik. Kalau ingin membeli aksesoris seperti gelang, pernak-pernik, maupun sandal khas Yogya coba beli di toko grosir, harganya akan lebih murah meskipun Anda membeli eceran.

Objek wisata
Banyak objek wisata di Yogya yang bisa dinikmati dengan biaya murah. Sebagian besar objek wisata menawarkan biaya masih kurang dari Rp 5.000, misal Benteng Vredeburg, Keraton Yogya, Taman Sari, dan lain-lain.

Catatan: Hati-hati naik becak di Malioboro
Banyak penarik becak yang menjadi agen dari toko jajanan khas Yogya. Mereka mendapatkan komisi jika penumpangnya berbelanja disana. Bukannya diantar langsung ke tempat tujuan, Anda justru dipaksa mampir ke toko tersebut. Untuk itu apabila Anda ingin naik becak untuk berkeliling Yogya, perjelaslah tujuan Anda kepada sang penarik becak.

Selamat berlibur dan menikmati kota Yogya.



www.jerukbali.com