Thursday, March 6, 2014

Sistem Transportasi Singapura


Sistem transportasi terintegrasi dengan pembangunan kawasan komersial dan pemukiman merupakan kunci dari kesuksesan dalam manajemen transportasi di Singapura. Dalam implementasi sistem transportasi terintegrasi ini, Singapura sangat serius dalam hal perencanaan khususnya dalam hal penggunaan lahan.

Transportasi di Singapura dibagi menjadi 4 moda transportasi, yaitu:

  1. MRT (SMRT)
  2. Bus (SBS Transit)
  3. Taksi
  4. Transfer Bandara
MRT - SMRT
Sistem Mass Rapid Transit (MRT) mungkin merupakan cara tercepat untuk berkeliling Singapura selain dengan taksi. Selain merupakan salah satu sistem transportasi terbersih di dunia, MRT memberikan pemandangan indah dari kawasan perumahan dan area perkotaan kami, dengan akses yang sangat bagus ke hampir seluruh bagian Singapura. Anda dapat mengunduh peta rute kereta ini dari www.smrt.com.sg dan menggunakannya menjadi petunjuk jalan Anda untuk berkeliling di Singapura.

SMRT menyediakan sejumlah skema penawaran tiket berdasarkan jumlah uang yang hendak disimpan dalam kartu pintar tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda – mulai dari tiket perjalanan standar sekali jalan sampai tiket konsesi wisatawan. Kartu yang berisi uang tersebut, yang di sini disebut sebagai kartu ez-link, dapat dibeli dari TransitLink Ticket Office yang terletak di stasiun SMRT tertentu, dan tiket standar dapat dibeli dari General Ticketing Machine (GTM) atau Mesin Penjualan Tiket Umum yang terdapat di semua stasiun SMRT.

Anda dapat mengisi ulang kartu ez-link di semua Transitlink Ticket Office atau GTM dengan tunai atau NETS. Minimal isi ulang adalah S$10 sedangkan maksimal isi ulang kartu Anda adalah S$100. Anda bisa juga memilih untuk membeli Tiket Standar yang dapat digunakan hingga enam kali selama 30 hari dari tanggal pembelian tersebut. Simpanan sebesar S$1 diwajibkan dan akan secara otomatis dikembalikan dengan cara dikurangkan pada perjalanan ketiga Anda.

SMRT telah melakukan berbagai langkah yang diperlukan untuk menjamin askes bagi pengguna kursi roda, keluarga dengan anak-anak dalam kereta dorong, penderita cacat penglihatan, dan orang yang bepergian disertai koper atau bungkusan besar, dengan memastikan semua kebutuhan Anda terpenuhi dengan baik saat bepergian dengan SMRT.

Bus - SBS Transit 
SBS Transit adalah operator layanan bus yang utama di Singapura, yang menguasai 75% pangsa pasar bus berjadwal di Singapura dengan 250 layanan bus dan memiliki armada hampir 3.000 bus. SBS Transit mengoperasikan layanan bus yang nyaman ke seluruh Singapura, bahkan ke lokasi-lokasi yang tidak mudah akses transportasinya. Sebagian besar bus mereka dilengkapi dengan pendingin udara dan menyediakan layanan bus rute utama, bus penghubung, Express, Townlink, dan Premium. 

Jika Anda gemar keluar pada waktu malam dan ingin melihat kehidupan malam Singapura yang semarak, SBS Transit juga menyediakan layanan bus khusus yang disebut Nite Owl, yang beroperasi pada hari Jumat, Sabtu, dan malam Libur Nasional. Biayanya adalah S$4.00 baik dengan menggunakan ez-link maupun tunai. Jika Anda bepergian di dalam area kota, Anda hanya perlu membayar S$1.50.

Selain itu, jika Anda punya akses ke iris (Intelligent Route Information System atau Sistem Informasi Rute Cerdas), kecil kemungkinannya Anda tersesat di Singapura. Dengan memberikan perkiraan waktu kedatangan bus yang berdasarkan real time, Journey Planner iris ini menyediakan solusi perjalanan dengan bus berdasarkan ongkos termurah, jarak berjalan kaki terpendek, atau waktu perjalanan yang tersingkat. Anda dapat melihat kedua layanan ini di www.sbstransit.com.sg, serta melalui GPRS dan SMS di ponsel Anda. 


Selain sebagai operator kereta MRT di Singapura, SMRT juga mengoperasikan layanan bus terutama di bagian utara Singapura. SMRT merupakan duopoli dengan SBS Transit sebagai bagian dari sistem transportasi di Singapura. Armadanya yang terdiri dari hampir 1.000 bus melayani 98 rute, dan seperti SBS Transit, SMRT menyediakan layanan bus penghubung, express, dan premium. 

SMRT juga mengoperasikan layanan NightRider yang populer, yang adalah sebuah pilihan transportasi alternatif yang terjangkau dan aman untuk para komuter yang menghabiskan akhir pekan mereka dengan berpesta hingga larut malam. Tujuh rute larut malam beroperasi dari kota ke berbagai kawasan perumahan di Singapura mulai dari pukul 23.30 sampai pukul 04.00.

Taksi
Anda pasti dapat memanggil taksi tanpa masalah di sebagian besar tempat di Singapura. Namun, harus diingat bahwa kendaraan tidak diizinkan untuk menunggu atau bahkan berhenti di berbagai bagian jalan yang dicat dengan garis kuning ganda atau bergerigi. Cara terbaik adalah mendapatkan taksi di salah satu halte taksi yang begitu banyak di Singapura – hotel-hotel dan pusat-pusat perbelanjaan pasti memiliki halte taksi.
Jika Anda bepergian dengan rombongan atau membawa banyak sekali belanjaan atau bagasi, Anda mungkin ingin memesan taksi ke lokasi tujuan Anda. Berikut adalah nomor telepon berbagai layanan taksi di Singapura, yang akan berguna jika Anda berada di bagian pulau yang lalu lintasnya sepi, atau jika Anda tidak bisa mendapatkan taksi selama jam sibuk atau karena alasan lain. Jika Anda berada di tempat hiburan atau restoran, sebagian besar layanan penerima tamu di sana juga dapat memanggilkan taksi untuk Anda. 

Perusahaan-perusahaan taksi besar di kota ini: 
  • Comfort Transportation Pte Ltd / CityCab Pte Ltd: (65) 6552 1111
  • Premier Taxis Pte Ltd: (65) 6476 8880
  • Maxi Cab: (65) 6535 3534
  • SMRT Taxis: (65) 6369 8888 
Transfer Bandara
Saat Anda memesan hotel atau paket tur Anda, jangan lupa untuk menanyakan mengenai transfer bandara. Kebanyakan paket tur termasuk transfer ke dan dari Bandar Udara Changi Singapura. Jika keterangan ini tidak tercantum dalam rencana perjalanan Anda, Anda dapat menelepon hotel Anda dan meminta transportasi tersebut. Jika tidak, banyak taksi di halte taksi bandara yang dikendalikan dengan baik oleh operator yang mengenal baik kebutuhan transportasi Anda.

Ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan transfer bandara, yang dapat Anda pesan bahkan sebelum Anda berangkat ke Singapura, setengah atau satu hari di muka. 

Di antaranya Limo Taxi (http://www.limomaxi.com) dan Limousine Cab (http://www.limousinecab.com), yang cocok untuk rombongan empat orang ke atas. Berlaku biaya tambahan untuk perjalanan dari dan ke bandara, mulai dari S$45.

Bagaimana dengan Indonesia? khususnya di kota-kota besar seperti: Jakarta, Surabaya, Medan, dan kota besar lainnya, apakah bisa "men-jiplak" seperti apa yang sudah dilakukan oleh Singapura atau bahkan kota2 besar lainnya  dengan sistem transportasi yang modern dan mumpuni, sekali lagi hanya tinggal mengikuti apa yang sudah dilakukan, silahkan cari jawabnya pada rumput yang bergoyang.

www.jerukbali.com
www.yoursingapore.com