Friday, March 7, 2014

CEO Exchange - XEROX

Pada kali ini kami akan menampilkan video Talkshow yang berjudul CEO Exchange dengan bintang tamu Anne M. Mulcahy, dia berbagi cerita mengenai perjalanan karirnya menjadi CEO dari perusahaan ternama di dunia, XEROX Corporation.

Video ini menampilkan Anne M. Mulcahy, seorang CEO Xerox Corporation, sebuah perusahaan penjual mesin photocopy pertama di dunia. Awal karir Mulcahy adalah Vice President di Department Sumber Daya Manusia, beliau bertanggung jawab dalam hal pengembangan manajemen dan pelatihan karyawan. 

Banyak orang skeptis ketika pada tahun 2001, Mulcahy ditunjuk sebagai orang nomor satu di perusahaan raksasa Xerox. Saat itu Xerox sedang diambang kehancuran lantaran dalam banyak kesempatan selalu kalah bersaing dengan Canon, HP, Ricoh dan tak banyak orang yang percaya Mulcahy mampu menyelamatkan Xerox yang sedang di ujung tombak kehancuran, ternyata dia mampu menjawab keraguan itu dan membawa Xerox melaju pada jalur yang benar dan semakin baik kinerjanya.

Hal inspiratif dari tayangan video tersebut adalah:
  1. Sikap menghargai para karyawan. Karena karyawan merupakan sumber daya penting dalam suatu perusahaan. Serendah apapun jabatan karyawan tersebut, mereka tetap memiliki peran dalam keberhasilan perusahaan. Dalam video tersebut juga ditampilkan bagaimana seorang CEO Xerox turun langsung ke lapangan dan tidak canggung untuk berbaur dengan para karyawannya. Pendekatan secara personal dilakukan oleh Mulcahy terhadap karyawannya.
  2. Break the legs. Ungkapan ini cocok bagi CEO Xerox karena saat dia menduduki jabatan sebagai CEO baru, dia berani untuk menutup divisi deskjet printers karena menurutnya hal tersebut tidak efisien. Walau banyak orang ragu dengan keputusan tersebut, tetapi Mulcahy tetap yakin pada keputusannya dan akhirnya mampu membuktikan bahwa langkah yang diambil adalah langkah yang tepat.
  3. Innovation. Xerox Corporation sebagai salah satu pemimpin dalam industri printer sangat kuat semangat inovasi produk dan solusi yang dihasilkan, terlihat pada teknologi produk yang dihasilkan dan layanan konsultasi "consulting services". Mulcahy sukses membawa Xerox dari sekedar perusahaan photocopy menjadi "high end digital color printer and copier services" dengan tingkat penjualan yang terus meningkat disertai profit yang sehat bagi perusahaan.
Berikut ini link videonya: http://www.youtube.com/watch?v=qZG7J98PX58

Semoga dapat memberi inspirasi.